EVOLUSI

 By: Muhammad Iqbal Filayani


Berbagai hal di dunia ini mengenal istilah evolusi. Istilah evolusi ada pada seluruh bidang, semisal evolusi Pendidikan, atau yang lainya. Istilah evolusi dipakai oleh banyak khalayak untuk memaknai adanya perubahan. Namun istilah evolusi muncul pada bidang biologi, dengan teori terkenal yaitu evolusi biologi. Awal mula istilah evolusi sudah ada sejak sebelum masehi, populernya setelah salah seorang biologiawan yang bernama Charles Darwin meneliti di kepulauan Galapagos.

Adanya teori evolusi sejak awal memunculkan pro dan kontra. Pertentangan ini ada antara golongan  peneliti atau ilmuan yang memiliki agama dan golongan yang tidak beragama. Teori evolusi ini menjadi hujjah bagi ateis yang mendukung tidak adanya tuhan, karena tidak adanya penciptaan makhluk hidup. Bukti-bukti teori evolusi dari fosil hingga bukti genetik mendukung kuat bahwa tidak ada yang namanya penciptaan makhluk hidup.

Bagi penganut monoteisme, yang mempercayai adanya tuhan, seperti ilmuan islam tentunya sangat bertentangan. Islam percaya semua makhluk hidup itu diciptakan oleh Allah SWT. Mempelajari evolusi memang tidak dapat dihindarkan dari pertentangan ini, jika pembahas merupakan ilmuan dan juga orang yang beragama.

Evolusi dalam bidang biologi sendiri berkembang pesat, dalam mempelajarinya diperlukan berbagai disiplin ilmu dalam bidang biologi dan juga keilmuan di luar biologi seperti geografi, geologi, planteologi, ilmu fisika, dan juga ilmu kimia.

Untuk mempelajari lebih lanjut dalam evolusi, pada perguruan tinggi dimasukkan dalam mata kuliah wajib program studi Biologi atau Pendidikan Biologi pada strata satu khususnya di jurusan Tadris Biologi IAIN Tulungagung. Guna untuk belajar mahasiswa silahkan ikuti link video youtube ini https://youtu.be/ECjHuZMc-CU dan link berikut untuk mendapatkan materi dan bahan ajar mata kuliah evolusi https://drive.google.com/drive/folders/1mPHdNCuhu81hXUDcx6uQCiFZUBlMOKV7?usp=sharing , semoga dapat memberikan manfaat

Post a Comment

0 Comments